SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .....................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Al-Quran): 1. Menerapkan
hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah
|
Hukum
bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
|
1.
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk memahami hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan pengertian hukum
bacaan “Al” Syamsiyah!
|
2 x 40 menit
|
C,X
|
|
Menyebutkan
contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Di antara bacaan “Al” Syamsiyah adalah berikut ini, kecuali:
a. الَّرحْمَنُ
b. الضُّحَى
c. اْليَتِيْمُ
d. السَّائِلُ
|
|
|
||||
Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan pengertian hukum
bacaan “Al” Qamariyah!
|
|
|
||||
4. Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al”
Qamariyah
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Bacaan “Al” Qamariyah harus jelas melafalkan “Al” –nya, seperti di bawah ini:
a. الرَّحِيْمُ
b. اْلإِنْسَانُ
c. الصُّدُوْرُ
d. الشَّمْسُ
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ),Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
|
2.
Siswa berdiskusi untuk menemukan perbedaan hukum
bacaan “Al” Syamsiyah dengan hukum bacaan “Al” Qamariyah.
|
Menyebutkan ciri-ciri
hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan beberapa ciri bacaan “Al” Syamsiyah!
|
2 x 40 menit
|
C,X
|
|
Menyebutkan ciri-ciri
hukum bacaan “Al” Qamariyah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan beberapa ciri bacaan “Al” Qamariyah!
|
|
|
||||
Membandingkan ciri-ciri
hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Jelaskan perbedaan
ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
|
|
||||||
1.3 Menerapkan bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
|
|
3. Siswa menelaah QS.
al-Dluha.dan QS. al-‘Adliyat. untuk menemukan
contoh-contoh hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
Menelaah hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
dalam QS. al-Dluha.
|
Tes unjuk kerja
|
Identifikasi
|
1.
Carilah bacaan-bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha lalu tulislah dalam buku
kerja kalian!
|
2 x 40 menit
|
C,X
|
|
Menelaah
hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat.
|
Tes unjuk kerja
|
Identifikasi
|
1.
Carilah bacaan-bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat lalu tulislah dalam
buku kerja kalian!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Jujur ( fairnes )
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .....................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Aqidah): 2. Meningkatkan keimanan kepada Allah Swt. melalui pemahaman
sifat-sifat-Nya.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
2.1 Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-
sifat Allah.
|
Iman kepada Allah
|
1. Siswa
membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan
iman kepada Allah serta memelajari arti dan kandungan isinya.
|
Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat
nafsiyah (Wujud).
|
Tes lisan
|
praktik
|
1.
Bacalah dengan benar ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah
(Wujud)!
|
2 x 40 menit
|
A,H,I,J,K,L,M,X
|
|
Membaca
ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’,
Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
|
Tes lisan
|
praktik
|
1.
Bacalah dengan fasih ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat Baqa’!
|
|
|
||||
Membaca
ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat,
Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
1.
Bacalah dengan fasih ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat ‘Ilm di bawah
ini:
إِنَّ اللهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) Tanggung
jawab ( responsibility )Berani ( courage )Ketulusan (Honesty ) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ), Kewarganegaraan (citizenship
)
|
|
|
||||||
2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan
sifat-sifat Allah Swt.
|
|
2.
Siswa mencari ayat-ayat al-Quran yang berkaitan
dengan sifat-sifat Allah Swt. dalam buku-buku tafsir lalu menuliskan
artinya sehingga dapat menyebutkannya dengan benar.
|
Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang
berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Ayat al-Quran yang
berbunyi:
إِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ
وَاخْتِلاَفِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَأَيَاتٍ لِأُولِى اْلأَلْبَابِ
menunjukkan sifat Allah:
a. Wujud
b. Wahdaniyah
c. Qudrah
d. Iradah
|
2 x 40 menit
|
A,H,I,J,K,L,M,X
|
|
Menerjemahkan
ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’,
Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Salah satu sifat Allah adalah Wahdaniyyah. Ayat yang terkait dengan sifat
ini adalah:
a. إِنَّ اللهَ عَلىَ كُلِّ شَيْءٍ
قَدِيْرٌ
b. وَ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ
c. إِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ
d. قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ
|
|
|
||||
3. Menerjemahkan
ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat,
Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Terjemahkan ayat yang terkait dengan sifat Kalam di bawah ini:
وَكَلَّمَ اللهُ
مُوْسَى تَكْلِيْمًا
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),Tekun
(diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
||||||
2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya
Allah Swt.
|
|
2. Siswa
mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya untuk menemukan
tanda-tanda kekuasaan Allah dan meyakini keberadaan-Nya.
|
Menjelaskan pengertian
iman kepada Allah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan pengertian iman kepada Allah!
|
1 x 40 menit
|
H,I,J,K,L,M,X
|
|
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1.
Lakukan survey tentang fenomena alam semesta sebagai bukti adanya Allah dalam
satu minggu lalu buatlah laporannya!
|
|
|
||||
Menyebutkan tanda-tanda
adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui
ciptaan-Nya!
|
|
|
||||
4. Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah
melalui dalil naqli.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1.
Carilah dalil naqli yang menunjukkan adanya Allah Swt.
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Tekun
( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty ),Integritas ( integrity ),Kewarganegaraan (citizenship )
|
|
|
||||||
2.4 Menampilkan perilaku sebagai
cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah Swt.
|
|
3.
Siswa berdiskusi bersama teman-temannya untuk menemukan perilaku yang
mencerminkan keyakinan akan sifat-sifat Allah sehingga dapat diterapkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menyerahkan diri kepada
Allah dengan cara bertawakkal.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Menyerahkan diri kepada Allah setelah berusaha dengan sungguh-sungguh
disebut:
a. sabar
b. ikhtiar
c. tawakkal
d. qana’ah
|
1 x 40 menit
|
H,I,J,K,L,M,X
|
|
Belajar giat untuk
mendapatkan nikmat dan karunia Allah.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan bahwa belajar dengan giat akan mendapatkan nikmat dan karunia Allah
dan sebutkan bukti-bukti konkretnya!
|
|
|
||||
Berbuat baik terhadap
sesamanya dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi.
|
Portofolio
|
Karya tulis
|
1.
Buatlah karya tulis dengan topik bahwa berbuat baik dan tidak berbuat
kerusakan di muka bumi akan membawa kedamaian dan kesejahteraan!
|
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun (diligence ) ,Tanggung jawab
( responsibility ),Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty )
Integritas ( integrity ),Peduli
( caring ),Jujur ( fairnes )
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/Mts ……………
(__________________________)
NIP
:
|
|
…….……..,…………………… 20 …….
Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP
:
|
0 komentar:
Posting Komentar