Container Icon

SILABUS AGAMA ISLAM KLS VII



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : VII
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islam
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Al-Quran): 1. Menerapkan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah


Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar


Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah
Hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah
1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk memahami hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah.
Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al”  Syamsiyah
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah!
2 x 40 menit
C,X

Menyebutkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Di antara bacaan “Al” Syamsiyah adalah berikut ini, kecuali:
    a. الَّرحْمَنُ
    b. الضُّحَى
    c. اْليَتِيْمُ
    d. السَّائِلُ



Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah!



4.  Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al” Qamariyah
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Bacaan “Al” Qamariyah harus jelas melafalkan “Al” –nya, seperti di bawah ini:
    a. الرَّحِيْمُ
    b. اْلإِنْسَانُ
    c. الصُّدُوْرُ
    d. الشَّمْسُ



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ),Tanggung jawab ( responsibility )



1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah.


2. Siswa berdiskusi untuk menemukan perbedaan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dengan hukum bacaan “Al” Qamariyah.
Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa ciri bacaan “Al” Syamsiyah!
2 x 40 menit
C,X

Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyah.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa ciri bacaan “Al” Qamariyah!



Membandingkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
Tes tulis
Essay
1. Jelaskan perbedaan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )



1.3 Menerapkan bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.


3. Siswa menelaah QS. al-Dluha.dan QS. al-‘Adliyat. untuk menemukan contoh-contoh hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah.
Menelaah hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha.
Tes unjuk kerja
Identifikasi
1. Carilah bacaan-bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha lalu tulislah dalam buku kerja kalian!
2 x 40 menit
C,X

Menelaah hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat.
Tes unjuk kerja
Identifikasi
1. Carilah bacaan-bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat lalu tulislah dalam buku kerja kalian!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Jujur ( fairnes )




SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : VII
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islam
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Aqidah): 2. Meningkatkan keimanan kepada Allah Swt. melalui pemahaman sifat-sifat-Nya.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar


Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat- sifat Allah.

Iman kepada Allah
1. Siswa membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan iman kepada Allah serta memelajari arti dan kandungan isinya.

Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).
Tes lisan
praktik
1. Bacalah dengan benar ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud)!
2 x 40 menit
A,H,I,J,K,L,M,X

Membaca ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
Tes lisan
praktik
1. Bacalah dengan fasih ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat Baqa’!



Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).
Tes lisan
Unjuk kerja
1. Bacalah dengan fasih ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat ‘Ilm di bawah ini:
إِنَّ اللهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility )Berani ( courage )Ketulusan (Honesty ) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ), Kewarganegaraan (citizenship )



2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Swt.


2. Siswa mencari ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Swt. dalam buku-buku tafsir lalu menuliskan artinya sehingga dapat menyebutkannya dengan benar.
Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Ayat al-Quran yang berbunyi:
إِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَأَيَاتٍ لِأُولِى اْلأَلْبَابِ
    menunjukkan sifat Allah:
    a. Wujud
    b. Wahdaniyah
    c. Qudrah
    d. Iradah
2 x 40 menit
A,H,I,J,K,L,M,X

Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Salah satu sifat Allah adalah Wahdaniyyah. Ayat yang terkait dengan sifat ini adalah:
    a. إِنَّ اللهَ عَلىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
    b.  وَ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ
    c.  إِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ
    d.  قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ



3.  Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Terjemahkan ayat yang terkait dengan sifat Kalam di bawah ini:
وَكَلَّمَ اللهُ مُوْسَى تَكْلِيْمًا
   



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ),Tekun (diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )



2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah Swt.


2. Siswa mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya untuk menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah dan meyakini keberadaan-Nya.

Menjelaskan pengertian iman kepada Allah.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan pengertian iman kepada Allah!
1 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta.
Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Lakukan survey tentang fenomena alam semesta sebagai bukti adanya Allah dalam satu minggu lalu buatlah laporannya!



Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-Nya!



4.  Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli.

Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Carilah dalil naqli yang menunjukkan adanya Allah Swt.



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty ),Integritas ( integrity ),Kewarganegaraan (citizenship )



2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah Swt.












3. Siswa berdiskusi bersama teman-temannya untuk menemukan perilaku yang mencerminkan keyakinan akan sifat-sifat Allah sehingga dapat diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menyerahkan diri kepada Allah dengan cara bertawakkal.
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Menyerahkan diri kepada Allah setelah berusaha dengan sungguh-sungguh disebut:
    a. sabar
    b. ikhtiar
    c. tawakkal
    d. qana’ah
1 x 40 menit
H,I,J,K,L,M,X

Belajar giat untuk mendapatkan nikmat dan karunia Allah.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan bahwa belajar dengan giat akan mendapatkan nikmat dan karunia Allah dan sebutkan bukti-bukti konkretnya!



Berbuat baik terhadap sesamanya dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi.
Portofolio
Karya tulis
1. Buatlah karya tulis dengan topik bahwa berbuat baik dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi akan membawa kedamaian dan kesejahteraan!




Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun (diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty )
Integritas ( integrity ),Peduli ( caring ),Jujur ( fairnes )





Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………


(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam


(_______________________)
NIP :
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar